Wednesday, October 5, 2011

LANGKAH‐LANGKAH POSTING ARTIKEL DI WORDPRESS


Oke sobat para BUS mania kita mulai lagi bahas tentang Wordpress setelah saya bahas tadi cara daftar blog di Wordpress sekarang saya bahas tentang pengelolaannya salah satunya adalah Posting Artikel di Wordpress jauh sangat berbeda dengan langkah-langkah posting artikel di blogger sebelum-sebelumnya yang saya postingkan disini saya akan mulai bahas maaf ya sob malah puter-puter langsung aja yuk ke TKP : (cekidot)
Saatnya kita mengenal interface Wordpress sambil memposting artikel perdana. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Login ke akun Wordpress sobat, untuk lebih cepatnya pakai link www.namablog.wordpress.com/wp-login.php (ganti nama blog dengan nama blog sobat, misalnya www.blogsunda.wordpress.com/wp-login.php).

oke untuk pertama kalinya sob akan masuk ke interface halaman admin Wordpress. Kita belum akan mengenal semua navigasinya, tetapi sebatas bagaimana posting perdana. Setelah login sobat akan di bawa ke halaman seperti gbr. di bawah ini.
klik gbr. memperjelas

Klik dasbor yang di lingkari warna merah, dan akan di bawa lagi ke halaman seperti gbr. di bawah ini .

Di wordpress terdapat pasilitas QuickPress, yaitu memposting dengan menu cepat. Jika sobat ingin memposting dengan cara cepat tanpa harus masuk ke menu posting yang utama, maka form QuickPress ini sangat cocok untuk sobat gunakan. Form QuickPress ditunjuk panah dengan no. 2. Kalau sobat adalah orang yang ingin memposting dengan telaten sobat pilih menu dropdown yang di tunjukan panah no. 1 (tulisan) dan pilih tambahkan baru.

Setelah klik-nya anda akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini.
klik gbr. memperjelas

seperti itulah interface untuk memposting sebuah artikel di blog wordpress. wordpress memiliki lebih banyak fitur untuk pengolahan artikel di bandingkan dengan Blogger. Saya sudah memberikan panah penomeran pada gambar di atas untuk masing-masing fitur di Wordpress dan sobat bisa melihat penjelasannya di bawah:

  1. Tombol itu adalah untuk memunculkan menu-menu modifikasi post yangyang ada pada baris di bawahnya karena pada default-nya menu di baris ke-2 tidak akan terlihat sebelum sobat meng klik tombol tersebut. Ini menghindari kebingungan sobat untuk membuat artikelyang sobat buat rata kiri kanan (justify) karena pada menu-menu tersebut hanya rata kiri kanan yang dipisahkan dari yang lainnya.
  2. Menunjuk tulisan HTML. persis seperti Blogger, sobat bisa mengedit HTML untuk artikel yang sobat publikasikan.
  3. Menunjuk sebuah form dimana sobat akan menulis sebuah Judul dari artikel atau postingan yang sobat publikasikan.
  4. menunjuk kotak pengantar posting, berhubung dengan publikasi artikel, di menu tersebut sobat bisa mempublikasikan artikel, menyimpanya sebagai daraf, melihat preview, mengatur privasi artikel, bahkan mengatur tanggal terbit artikel.
  5. Tag, berfungsi memberikan tag pada artikel, inilah bedanya blogger dengan wordpress di blogger hanya bisa diisi tag (istilahnya katagori di blog), sedangkan Wordpress kita bisa memberikan katagori lalu tag. Ini sangat membantu pembaca untuk mencari artikel.
  6. Katagori, seperti saya tadi jelaskan wordpress memiliki katagori dan tag istilahnya tag adalah hal yang khusus sedangkan katagori hal yang umum
  7. featured Image, ini pungsinya untuk menyisipkan gambar atau foto di artikel yang akan sobat publikasikan.
Sampai disini dulu penjelasan tentang LANGKAH‐LANGKAH POSTING ARTIKEL DI WORDPRESS kunjungi terus blog urang sunda dengan postingannya yang up to date (ohh ia gtoo??)
jangan lupa tinggalkan pesannya di bawah ya. lihat juga artikel-artikel lainnya ya sob.
Theant Budiana

About the Guest Author:
Saya bukanlah orang yang ahli dalam dunia blogger tapi saya mencoba untuk berbagi ilmu dari apa yang saya ketahui dari paman saya, saya sangat suka blogging dan berbagi ilmu, tapi bukan berarti saya master blog salah besar jika sobat anggap saya hebat saya hanya seorang anak kampung yang mencoba untuk tidak kampungan dan tertinggal informasi alias GAPTEK, banyak artikel yang saya tulis di Blog Urang Sunda dan lihat juga blog saya satu lagi di Dunia Maya Saya dan klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang saya


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
warning

Anda bingung?
Jangan ragu untuk bertanya kepada saya lewat komentar di bawah, saya akan mencoba menjawabnya sesegera mungkin, bahkan jika sobat ada saran untuk saya silahkan jangan ragu untuk memberi saran kepada saya asalkan komentar no spam. Komentar anda, adalah bekal untuk kemajuan blog saya, saya akan kunjungi balik blog sobat jika sobat meninggalkan jejak sobat disini.

0 comments:

Comments
0 Comments
Facebook Comments Post by Blog Urang Sunda

Post a Comment

Sponsor BUS

Dapatkan juga sponsor untuk Blog anda dengan klik gambar di bawah, untuk mengetahui caranya KLIK DISINI. Kalo mau yang lebih tinggi penghasilannya KLIK DISINI Adsense Indonesia

Buat Blog

Alexa Rank

 

Info My Blog

cobi?
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.NetMsn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
web log free

Recent Comment

| BLOG URANG SUNDA © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |