Tuesday, October 4, 2011

ADAT ISTIADAT AMBALAN PENEGAK


Rekan-rekan Penegak pasti tau kan apa yang di maksud dengan Adat Ambalan? Pasti tau lah yah, tapi saya mau berbagi sedikit ilmu nih bagi siapa yang belum tau baca terus ampe selesai ya? Yukk kita bahas yukk???
1.        Pengertian Adat Ambalan
Adat Ambalan atau Adat Istiadat Ambalan adalah adat kebiasaan yang ditentukan dan ditaati oleh para Pramuka Penegak disuatu Ambalan.
2.       Tujuan Adat Ambalan
Agar dengan adanya adat Ambalan para Pramuka Penegak dapat membiasakan diri menepati segala peraturan yang berlaku ditempat mereka berada.
3.       Adat Ambalan
a.    Proses pembuatan adat Ambalan dilakukan melalui musyawarah di Ambalan yang bersangkutan.
b.  Adat Ambalan sebaiknya tidak tertulis tapi benar-benar dihayati dan dipatuhi oleh setiap Anggota Ambalan. Jika telah melanggar adat yang berlaku di Ambalannya, bersedia menerima sanksi.
c.    Adat Ambalan harus mampu mendorong para Pramuka Penegak untuk bertindak disiplin, patuh dan mengarah kepada hidup bermasyarakat yang lebih baik dan maju.
d.    Didalam Adat Ambalan harus terdapat ketentuan :
1)          Wajib mengikuti renungan jiwa Penegak sebelum dilantik sebagai Penegak Bantara.
2)     Variasi dalam melaksanakan Pelantikan Penegak Bantara sehingga dapat menimbulkan kesan manis yang sukar dilupakan bagi yang dilantik misalnya : sebelum dilantik harus mencuci wajah dengan air bersih lalu dibersihkan dengan handuk yang baru.
4.      Pedoman Tingkah laku yang unik dan positif misalnya :
  1. Siapa datang terlambat ditempat latihan harus menirukan suara burung hantu.
  2. Tidak hadir dalam pertemuan tanpa memberi alasan didenda Rp. 2.000,00 untuk kas Ambalan.
  3. Pada saat pembacaan Sandi Ambalan melipat kedua tangannya diletakan didepan dada.
  4. Contoh adat Ambalan :
  5. Menurut perjanjian yang telah disepakati segenap anggota Ambalan dalam Musyawarah tanggal……….berlaku adat Ambalan sbb :
1.    SKU selesai perjalanan spiritual telah dilaksanakan , the stile weak dilaksanakan renungan jiwa telah diikuti namun untuk dilantik harus dapat persetujuan dari semua Penegak Bantara/Laksana yang dibenarkan oleh Dewan Kehormatan.
2.         Barang siapa melanggar adat unik di Ambalan ini dikenakan sanksi yang ditentukan oleh adat unik itu.
3.         …………………… dan seterusnya.
4.        Barang siapa berbuat kebaikan pasti menerima penghormatan dan penghargaan.
5.        Penegak Bantara wajib menolong Calon Penegak untuk menyelesaikan SKU tingkat Penegak Bantara.
6.    Melepas anak panah kelingkaran yang dibagi kedalam beberapa segmen apa yang menjadi titik berat dalam kehidupan selama periode latihan selanjutnya. Hingga saat periode latihan selanjutnya. Contoh segmen bertanggungjawab dan dapat dipercaya.
7.         Membentuk lingkaran persaudaraan dan sesudah pembacaan Sandi Ambalan bersama sama meneriakan kata-kata “Iklas – Bakti – Suci.”

CONTOH
SANDI AMBALAN

Para kaula muda penerus Kartini
Putri sejati memegang janji
Bak melati bertangkai yang berduri
Rela berkorban
dengan senyum dikulum
Laksana lilin menyala
hingga hancur musnah
dst

Catatan : Sikap saat mendengarkan kata-kata sandi Ambalan dengan berdiri tegak menundukan kepala dan kedua tangan menyembah.

Nah cukup sekian dulu mohon maaf atas kekurangan yang saya sampaikan dan seperti biasa saya minta waktu luangnya untuk komentarnya di bwah ya?

Theant Budiana

About the Guest Author:
Saya bukanlah orang yang ahli dalam dunia blogger tapi saya mencoba untuk berbagi ilmu dari apa yang saya ketahui dari paman saya, saya sangat suka blogging dan berbagi ilmu, tapi bukan berarti saya master blog salah besar jika sobat anggap saya hebat saya hanya seorang anak kampung yang mencoba untuk tidak kampungan dan tertinggal informasi alias GAPTEK, banyak artikel yang saya tulis di Blog Urang Sunda dan lihat juga blog saya satu lagi di Dunia Maya Saya dan klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang saya


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
warning

Anda bingung?
Jangan ragu untuk bertanya kepada saya lewat komentar di bawah, saya akan mencoba menjawabnya sesegera mungkin, bahkan jika sobat ada saran untuk saya silahkan jangan ragu untuk memberi saran kepada saya asalkan komentar no spam. Komentar anda, adalah bekal untuk kemajuan blog saya, saya akan kunjungi balik blog sobat jika sobat meninggalkan jejak sobat disini.

0 comments:

Comments
0 Comments
Facebook Comments Post by Blog Urang Sunda

Post a Comment

Sponsor BUS

Dapatkan juga sponsor untuk Blog anda dengan klik gambar di bawah, untuk mengetahui caranya KLIK DISINI. Kalo mau yang lebih tinggi penghasilannya KLIK DISINI Adsense Indonesia

Buat Blog

Alexa Rank

 

Info My Blog

cobi?
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.NetMsn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
web log free

Recent Comment

| BLOG URANG SUNDA © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |