Thursday, October 20, 2011

CARA MENAKSIR LEBAR SUNGAI (PRAMUKA)


Alhamdullilah yah, akhirnya saya bisa posting lagi nih sob, haduh bener-bener sibuk saya.(alahhh elo so sibuk mulu..) Emhh g percaya ya saya sibuk? ya sudah masalah entuh mh terserah kalian ya kita kembali ke topik...
Sobat semua tau ga apa itu menaksir? Oke yang belum tau simak ya?
Menaksir adalah meng-agak-agak/mengira-ngira. Oleh karena itu hasilnya berselisih beberapa centimeter (dalam ukuran besar) maka hasil penaksiran tersebut dianggap baik.
Ingat sobat yang saya bahas adalah Cara Menaksir Lebar Sungai bukan menaksir cewe hahai....
Nah alasan saya pake tanda kurung yang di dalam kurung tertulis Pramuka karna sering dipergunakan atau dilombakan atau juga dilibatkan dalam kepramukaan, Memang sih bukan cuma lebar sungai yang bisa di taksir masih banyak yang lainnya juga seperti menaksir berat, menaksir tinggi, menaksir jarak, menaksir kecepatan sungai dan lain sebagainya. Untuk postingan kali ini saya bahas Cara Menaksir Lebar Sungai sisanya nanti di postingan berikutnya. Cekidot....

Lihat gbr. di ats, berikut penjelasannya :

  • Buat lah suatu titik di sebrang sungai sperti pohon, batu besar, tiang listrik dan lain sebagainya yang lurus dengan posisi kita, saya kasih nama titik C untuk di sebrang sungai dan titik A untuk tempat kita berdiri. 
  • Dari titik A kita berjalan ke titik B (lihat gbr. di atas) dengan X langkah (artinya bebas kalian tentukan mau berapa langkah juga).
  • Kemudian suruh teman kalian untuk menempati titk B tersebut, dan berjalan lagi lah kamu ke titik E dengan 1/2 X langkah (artinya 1/2 dari A ke B).
  • Berjalanlah kembali ke titik D (lihat gbr. di atas) sampai antara titik C-B-D berada pada suatu garis lurus.
  • Setelah itu baru kita tarik kesimpulan bahwa lebar sungai AC = 2DE 
Gimana sobat udah cukup pahamkah dengan penjelasan yang sederhana ini? semoga bermanfaat ya? Salam pramuka......


Theant Budiana

About the Guest Author:
Saya bukanlah orang yang ahli dalam dunia blogger tapi saya mencoba untuk berbagi ilmu dari apa yang saya ketahui dari paman saya, saya sangat suka blogging dan berbagi ilmu, tapi bukan berarti saya master blog salah besar jika sobat anggap saya hebat saya hanya seorang anak kampung yang mencoba untuk tidak kampungan dan tertinggal informasi alias GAPTEK, banyak artikel yang saya tulis di Blog Urang Sunda dan lihat juga blog saya satu lagi di Dunia Maya Saya dan klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang saya


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
warning

Anda bingung?
Jangan ragu untuk bertanya kepada saya lewat komentar di bawah, saya akan mencoba menjawabnya sesegera mungkin, bahkan jika sobat ada saran untuk saya silahkan jangan ragu untuk memberi saran kepada saya asalkan komentar no spam. Komentar anda, adalah bekal untuk kemajuan blog saya, saya akan kunjungi balik blog sobat jika sobat meninggalkan jejak sobat disini.

0 comments:

Comments
0 Comments
Facebook Comments Post by Blog Urang Sunda

Post a Comment

Sponsor BUS

Dapatkan juga sponsor untuk Blog anda dengan klik gambar di bawah, untuk mengetahui caranya KLIK DISINI. Kalo mau yang lebih tinggi penghasilannya KLIK DISINI Adsense Indonesia

Buat Blog

Alexa Rank

 

Info My Blog

cobi?
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.NetMsn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
web log free

Recent Comment

| BLOG URANG SUNDA © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |