Friday, September 30, 2011

PENGERTIAN, SIFAT DAN FUNGSI KEPRAMUKAAN



1.      Apa pramuka itu?
PRAMUKA sebagai istilah, merupakan sebuah akronim dari tiga patah kata, (PRA)JA – (MU)DA – (KA)RANA. Ketiga patah kata tersebut memiliki pengertian sendiri-sendiri, yaitu :
  • PRAJA – Artinya rakyat atau warga Negara.
  • MUDA – Artinya tidak tua
  • KARANA – Artinya “suka berkarya”

Dengan demikian Praja Muda Karana mengandung pengertian “Rakyat Muda Yang Suka berkarya”. Sementara Gerakan agaknya juga merupakan akronim dari (GERAK)KAN (K)EPANDU(AN) suatu system pendidikan luar sekolah yang merupakan gagasan Lord Baden Powell dari inggris.
Kalo kit abaca buku “B-Ps Out Look” didalamnya terdapat dari Lord Baden Powell yang berbunyi “Scouting is not a Science to be solomony studied, not is a collencion of doctrine and texs. Not! It is jolly game in out of doors, where boy man and boy can go adventuring together andleader and younger brother picing up health and hapinpiness handricraft helfuness” Artinya……

Kepremukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun, bukan pula kumpulan dari ajaran-ajaran dan naskah-naskah buku, bukan! Kepramukaan hakikatnya adalah suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda di bawah tangung jawab orang dewasa yang dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan lingkungan keluarga dengan menggunakan prinsip Dasar Metode Pendidikan Kepramukaan.

2. Sifat kepramukaan
Repolusi konfrensi sedunia Tahun 1924 Kopenhagen Denmark menyatakan bahwa kepramukaan mempunyai tiga sifat/ciri khas yaitu :
  • Nasioal yang berarti bahwa suatu organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan disuatu Negara haruslah menyesuaikan pendidikannya dengan keadaan, kebutuhan, kepentinagn masyarakat, bangsa dan Negara. Bahkan di Indonesia sangat luas wilayahnya ini pendidikan kepramukaan disesuaikan dengan keadaan dan kepentingan masyarakat setempat, inilah yang membedakan pelaksanaan pendidikan di daerah-daerah dan di Negara lain.
  • Internasional yang berarti bahwa organisasi kepramukaan di Negara maupun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pramuka dan sesame manusia tanpa membedakan kepercayaan agama atau golongan, tingkat, suku dan bangsa.
  • Universal yang berarti bahwa Kepramukaan dapat di pergunakan dimana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja yang dalam pelaksanaan pendidikannya selalu mempergunakan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan.
3. Fungsi Kepramukaan
  • Kegiatan menarik bagi anak dan pemuda, kegiatan menarik (game) disini maksudnya adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan.
  • Pengabdian (job) bagi orang dewasa, bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, melainkan suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian.
  • Alat (means)bagi masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan, jadi kegiatan Kepramukaan yang diberikan sebagi peletihan berkala dalam suatu pramuka itu sekedar alat bukan tujuan pendidikan.




Theant Budiana

About the Guest Author:
Saya bukanlah orang yang ahli dalam dunia blogger tapi saya mencoba untuk berbagi ilmu dari apa yang saya ketahui dari paman saya, saya sangat suka blogging dan berbagi ilmu, tapi bukan berarti saya master blog salah besar jika sobat anggap saya hebat saya hanya seorang anak kampung yang mencoba untuk tidak kampungan dan tertinggal informasi alias GAPTEK, banyak artikel yang saya tulis di Blog Urang Sunda dan lihat juga blog saya satu lagi di Dunia Maya Saya dan klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang saya


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
warning

Anda bingung?
Jangan ragu untuk bertanya kepada saya lewat komentar di bawah, saya akan mencoba menjawabnya sesegera mungkin, bahkan jika sobat ada saran untuk saya silahkan jangan ragu untuk memberi saran kepada saya asalkan komentar no spam. Komentar anda, adalah bekal untuk kemajuan blog saya, saya akan kunjungi balik blog sobat jika sobat meninggalkan jejak sobat disini.

0 comments:

Comments
0 Comments
Facebook Comments Post by Blog Urang Sunda

Post a Comment

Sponsor BUS

Dapatkan juga sponsor untuk Blog anda dengan klik gambar di bawah, untuk mengetahui caranya KLIK DISINI. Kalo mau yang lebih tinggi penghasilannya KLIK DISINI Adsense Indonesia

Buat Blog

Alexa Rank

 

Info My Blog

cobi?
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.NetMsn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
web log free

Recent Comment

| BLOG URANG SUNDA © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |