Friday, November 16, 2012

9 Cara Mengatasi BlackBerry Yang Lemot?


Lama sekali rasanya saya tidak posting di blog, maka hari ini Jumat 16 November 2012 saya posting dengan tips yang mungkin bermanfaat buat sobat semuanya.

BlackBerry saat ini memang sudah sangat populer. Jika dulunya ponsel BlackBerry identik dengan kalangan profesional tidak lagi dengan saat ini. BlackBerry sudah sangat banyak digunakan mulai dari pebisnis hingga anak-anak sekolah. Kesan gaul jika memakai BlackBerry mungkin menjadi alasan utama banyaknya ponsel ini di masyarakat.

Namun yang kadang tidak disadari adalah ponsel ini juga memiliki keterbatasan, terutama dalam penggunaan memory. Sehingga jika digunakan secara terus menerus misalnya BBM, email dan Facebok atau Twitter yang selalu online semakin lama BlackBerry juga akan menjadi semakin lemot. Berikut ini tips untukmengatasi BlackBerry lemot

1. Hanya instal aplikasi yang penting

Aplikasi yang terlalu banyak maupun theme yang terlalu banyak pilihan juga akan membebani memori. Periksa kembali aplikasi-aplikasi yang terinstal pada BlackBerry Anda. Hapuslah aplikasi yang tidak terlalu diperlukan atau jarang digunakan.

2. Batasilah bergabung dalam Group BBM

Group BBM merupakan salah satu yang meyebabkan semakin menumpuknya “sampah” di BlackBerry Anda. Hendaknya Anda lebih bijak dalam memilih untuk bergabung dengan grup BBM, karena teman-teman kita juga bisa langsung dihubungi melalui BBM pribadi.

3. Tutuplah chat di BBM yang sudah berakhir

Saat Anda melakukan chat dengan orang lain yang dirasa penting, kita memang bisa menyimpannya di media card. Tetapi jangan sampai Anda menumpuk terlalu banyak percakapan. Selain itu juga biasakan untuk menutup chat BBM yang dirasa bahwa percakapan dengan orang tersebut sudah berakhir.

4. Hapuslah email yang tidak dibutuhkan

Email juga menjadi salah satu penyumbang terbesar yang mengakibatkan BlackBerry menjadi lemot. Karena email yang semakin banyak juga akan semakin memperberat kinerja memori. Apalagi jika email tersebut berisi file attachment yang ukurannya cukup besar.

5. Secara rutiin bersihkan log yang tersimpan pada BlackBerry

Caranya tekan alt+LG+LG kemudian Menu BlackBerry, Clear log

6. Hapus memori cache yang ada di browser

Masuk ke browser di BlackBerry kemudian pilih Menu BlackBerry -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history

7. Secara rutin bersihkanlah memory BlackBerry

Caranya pilih Menu BlackBerry > Options > Security Options > Memory Cleaning > Ubah status ke posisi ENABLE > Menu BlackBerry > Clean Now.

8. Gunakanlah memori eksternal secara maksimal

Simpan file-file foto,musik, video maupun file-file lainnya di memory eksternal.

9. Sedangkan cara cepat untuk mengembalikan BlackBerry yang lemot bisa dengan cara Tekan bersamaan tombol Alt – Caps/tombol aA – tombol del — selesai .

Sedangkan cara yang paling ekstrim atau hard reset yaitu dengan cara mencabut baterai saat BlackBerry masih menyala.


Itulah cara yang saya lakukan setiap hari, dan alhamdulilah saya tidak pernah mengalami lemot saat menggunakan Blackberry. Semoga tips ini bermanfaat buat sobat semua.
Theant Budiana

About the Guest Author:
Saya bukanlah orang yang ahli dalam dunia blogger tapi saya mencoba untuk berbagi ilmu dari apa yang saya ketahui dari paman saya, saya sangat suka blogging dan berbagi ilmu, tapi bukan berarti saya master blog salah besar jika sobat anggap saya hebat saya hanya seorang anak kampung yang mencoba untuk tidak kampungan dan tertinggal informasi alias GAPTEK, banyak artikel yang saya tulis di Blog Urang Sunda dan lihat juga blog saya satu lagi di Dunia Maya Saya dan klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang saya


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
warning

Anda bingung?
Jangan ragu untuk bertanya kepada saya lewat komentar di bawah, saya akan mencoba menjawabnya sesegera mungkin, bahkan jika sobat ada saran untuk saya silahkan jangan ragu untuk memberi saran kepada saya asalkan komentar no spam. Komentar anda, adalah bekal untuk kemajuan blog saya, saya akan kunjungi balik blog sobat jika sobat meninggalkan jejak sobat disini.

1 comments:

Unknown on February 9, 2013 at 9:25 AM said...

ohhh kitunya ..nuhun.
salam.

Comments
1 Comments
Facebook Comments Post by Blog Urang Sunda

Post a Comment

Sponsor BUS

Dapatkan juga sponsor untuk Blog anda dengan klik gambar di bawah, untuk mengetahui caranya KLIK DISINI. Kalo mau yang lebih tinggi penghasilannya KLIK DISINI Adsense Indonesia

Buat Blog

Alexa Rank

 

Info My Blog

cobi?
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.NetMsn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
web log free

Recent Comment

| BLOG URANG SUNDA © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |